Apakah NISN sudah siap digunakan di UN tahun 2008 ?

Dalam minggu-minggu ini sesuatu yang meresahkan dikalangan dinas pendidikan kab/kota se-banten dengan terganggunya koneksi Jardiknas terjadi dengan kaitannya masalah pendataan NISN (Nomor Induk Siswa Nasional). Sampai saat ini di banten sendiri belum mencapai 100% siswa yang ada di banten terjaring kedalam sistem online NISN alasan perubahan data siswa, sehingga pihak operator dinas pendidikan kabupaten kota terus berpacu dengan waktu untuk mengumpulkan dan mengupload data ke sistem mengingat pelaksanaan UN sudah didepan mata.
Dengan terganggunya koneksi Jardiknas tersebut bukan hanya mementahkan semua kebijakan yang belum seumuran jagung masalah sitem pendataan DAPODIK(Data Pokok Pendidikan) Nasional diantaranya : upload data sekolah,siswa, mutasi siswa yang sudah diterapkan.
Sebagai salah satu contoh bentuk kekuatiran kami dari 7 kab/kota dibanten adalah bertepatan dalam 2 hari ini  tgl 2-3 April 2008 telah dilakukan sosialisasi NISN kepada seluruh Kepala sekolah di lingkungan dinas pendidikan kota tangerang.Pada sosialisasi tersebut adanya komitmen dan sosialisasi dari dinas pendidikan untuk  penggunaan NISN sebagai pengganti NIS dan tentunya pemanfaatan NISN di UN(Ujian Negara)dalam waktu dekat, dengan mengacu kepada peresmian penggunaan NISN oleh Mendiknas waktu Rembugnas di Sawangan Bogor.Pada kesempatan ini disepakati untuk menyelesaikan pendataan NISN beserta perangkat pendukung lainnya dalam bulan april 2008.
Menjadi pertanyaan besar bagi kami yang terlibat mensosialisasikan program tersebut apakah target bisa terpenuhi dan NISN bisa digunakan di UN yang akan datang jika proses upload dan akses ke Jardiknas terganggu terus seperti sekarang? Dan apakah kebijakan penggunaan NISN di UN perlu ditarik kembali(menelan air ludah sendiri judulnya…) daripada banyak siswa yang tidak bisa ikut UN nantinya dikarnakan belum memiliki NISN ? 
Salam
Iklan

Rakor Pendamping Perencanaan @Banten

Pada hari senin tanggal 24 Maret 2008 pukul 14.00 wib s/d 17.30 wib telah dilakukan rakor pendamping perencanaan se-prov banten.

Kesempatan ini dihadiri oleh :

  1. Bapak Endar Yuliana – Kasi Bina Program Dinas Pendidikan Provinsi Banten
  2. Bapak Nana – Staff Bagren Dinas Pendidikan Provinsi Banten
  3. Tarigan
  4. Suharja – MIRT Dinas Pendidikan Prov Banten
  5. Romeli – Pendamping Perencanaan Kab.Serang
  6. Mahendra – Pendamping Perencanaan Kota.Cilegon
  7. Ujang – Pendamping Perencanaan Kab.Tangerang
  8. Jimmy Hadi – Pendamping Perencanaan Kota.Tangerang
  9. Wawan Irawan – Pendamping Perencanaan Kab.Pandeglang
  10. Samsul Bahri – Pendamping Perencanaan Kab.Lebak

Dari pertemuan ini dilakukan tukar informasi antar pendamping dengan dinas provinsi dan arahan-arahan pekerjaan dari pihak provinsi.

Para pendamping dihimbau untuk :

  1. Pendamping harus berada di dinas kab.kota masing2x sebagai partner  dindik bersangkutan
  2. Menjaga Koneksi Jardiknas
  3. Membantu percepatan pendataan dapodik
  4. Menginformasikan kendala-kendala dan solusi pendataan
  5. Mengkoordinir mahasiswa per kecamatan untuk membantu pendataan
  6. Membuat laporan bulanan

Demikian sekilas info diseputaran perencanaan

Call Center ala C4

Siapa yang mau ? siapa yang ingin ?  gagal dalam Kerja !!!

Hati jadi luka, rindu jadi benci semua karena C4 🙂

Terkesan puitis tapi sampai saat ini aku selalu mengajak santai dan tenang teman2x di lapangan yang berkeluh kesah tentang jardiknas, apalagi kalau udah ada nyerempet ke pihak C4 Telkom.

Ada kasus yang ternayar masalah koneksi jardiknas di dinas pendidikan kab.pandeglang, modem disana on-off secara tidak teratur dan terjadi terlalu sering. Hal ini mengakibatkan koneksi jardiknas endut-endutan disana dalam 1 minggu terakhir ini.

Seperti biasa masalah tersebut di konfirmasi ke C4 Telkom berhubung Call Center Jardiknas di senayan off. Yang menarik dan menggelitik melihat layanan C4 kali ini adalah pihak C4 yang dihubungi malah memberikan no hp yang masih menurut C4 adalah pic Jardiknas. Walah…walah dalam hati kenapa mesti ada call center kalau toh harus menghubungi dukun dukun tertentu ???

Kalau mesti tergantung ke no hp maka ini namanya sudah terjadi monopoli layanan dan tidak efisien,semuanya jadi pusing termasuk yang nelpon apalagi client yang membutuhkan koneksi, sekali lagi “membutuhkan” koneksi jardiknas.

Apa tidak ada ya acuan call center yang lebih sempurna di negeri ini ??? atau apakah C4 itu udah bagus tapi khusus masalah Jardiknas di anak tirikan ???

 Salam

Mengajari Guru itu menyenangkan…

Sabtu kemarin tepatnya tanggal 8 maret 2008 pukul 13.00WIB kami mulai kegiatan JENI Free Training kepada guru2x SMA/SMK dinas pendidikan Kab.Tangerang di Graha Telkom Tangerang.

Menarik sekali kelas yang di kab.tangerang ini karena tempat belajarnya di aula telkom dan semua peserta yang tidak kurang dari 50 orang termasuk anak2x D3TKJ dari kab.tangerang semuanya membawa laptop. Teringat aku saat training JENI di VEDC Malang karena perserta tanpa batas dan tidak mesti di lab.komputer.

Pesertapun duduk senyamannya, ada yang duduk pakai kursi sebagai meja tempat laptop dan ada juga yang duduk di lantai.Bahkan ada yang sambil jongkok saking asyiknya mulai belajar coding java.

Ada suatu kepuasan batin tatkala guru-guru itu penuh keseriusan memperhatikan aku saat menjelaskan materi dan semangat saat disuruh instalasi Java SDK dan NetBean serta belajar membuat program.Mereka tak malu bertanya dan tidak malu juga klo programmnya error 🙂

Lega rasanya karena aku bisa berbagi kepada orang-orang yang sangat berjasa mencerdaskan kehidupan anak bangsa…

Apa itu Jardiknas ?

Senin sore aku dapat tilpun dari seorang yang begitu aku kenal suaranya karena udah muncul namanya di layar handphoneku. Dia adalah orang yang selalu getol ngurusin data pokok pendidikan(dapodik) di Biro Perencanaan Kerjasama & Luar Negeri Depdiknas, yakni Mr.Cucu Sukmana.Beliau ngajak aku untuk ketemu pagi ini jem 8 pagi di SMK 3 Kota Tangerang Banten untuk ikut acara expose SMK SBI.

Hadirlah aku lebih tampil dari pak cucu di SMK 3 pagi ini. akupun ketemu dengan kepsek dan mr.sidabutare J Armada. cerita panjang lebar ternyata dia bekas panglima perang ICT SMK di dikmenjur jamannya Pak Gatot disana. Tak dinyana kamipun cerita hiruk pikuknya program dimenjur kala itu, sampai ke sweeping TV-e dan dilematikanya.

Lewat jem 9 pagi pak walikota yang rencananya membuka acara tak kunjung tiba, maka acarapun tetap dimulai.dalam expose SMK SBI tersbut diadakanlah acara seremonial seperti kata sambutan dari para undangan dan kepsek selaku tuan rumah.Dan diikuti oleh peragaan siswa/i dari tata boga,busana dan tata rias.

Seselesainya acara seremonial tersebut, maka tamu undanganpun diajak untuk keliling mengunjungi stand yang telah disiapkan oleh sekolah tersebut. tepat di stand SBI yang disana juga ada stand ICT Center maka bang mada pun nanya sumber bandwith dan mengenai jardiknas… ya ampun si penjagapun tak tau apa2x tentang jardiknas.

Ndak tau apakah yang jaga org boga atau anak tkj-nya lagi pipis keluar, tapi memang temuan ini kesannya sederhana namun sangat disayangkan. karena mulutku dan mulut para instruktur pijar udah berbusa-busa sosialisasi jardiknas ke para kepsek diacara sosialisasi schoolnet dan para kepsek,guru,pustakwan dan tata usaha di acara pijar.

termangu aku dengan selintingan ringan dari bang Armada, kok anak tkj ndak tau jardiknas yah ??? apa memang ga pernah dikasih tau ama guru atau apakah guru tidak pengen ngasih informasi ke siswa ??? padahal depdiknas udah gelontorin dana begitu besar sampai2x ada iklan di televisi. 

Ini salah siapa dan ini dosa siapa ??? semoga jawabannya bukan hanya pada rumput-rumput yang bergoyang.

Salam

Salam bagimu saudara

Salam bagimu saudara…

Kesempatan yang menyenangkan dapat menulis dan menulis lagi apa yang aku lakukan yang mungkin bermanfaat ataupun tidak ada manfaat bagi diriku maupun bagi saudaraku semua.

Mungkin dalam blog aku yang ini nantinya akan dimuat banyak kegiatan2x yang sifatnya pribadi sekaligus formal, tapi ya aku harap tidak mengurangi rasa keinginan tahuan atau kepedulian saudaraku semua pada blogku ini.

link blogku terdahulu… http://jeni.diknas.go.id/roller/tarigan

Mari mulai nge-blog….